Cetak

Mengurai Kemacetan di Ibukota

on . Posted in Info Kita

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

ERP yang saat ini dijalankan oleh pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya, itu berawal dari gagasan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dengan pimpinan DPRD yang membahas transportasi di Ibu Kota. Jokowi membahas kesiapan penerapan sistem nomor polisi ganjil genap juga menyinggung penerapan jalan berbayar elektronik atau eletronic road pricing (ERP).

Sebagaimana dilansir oleh media massa bahwa bapak Joko Widodo pada saat itu menjelaskan bagaimana 3 in 1 tidak efektif. Lalu beralih kepada sasaran antara 3 in 1 ke ERP. Wakil Gubernur pun pernah berpendapat Pemprov DKI tidak dapat memaksakan penerapan sistem nopol ganjil genap bila sarana transportasi belum memadai. Karena itu, Pemprov mulai mengalihkan fokus cara mengurai kemacetan dengan memberlakukan ERP.

Pada dasarnya Pemprov DKI Jakarta menyatakan ingin menyamakan data-data agar dapat terintegrasi di Samsat untuk mewujudkan pelaksanaan Elektronik Register Identifikasi (ERI) sebelum dilaksanakannya sistem Electronic Road Pricing (ERP) atau sistem jalan berbayar.Dengan demikian konsep untuk sistem ERP terintegrasi. Pelaksanaan sistem ERP di lapangan tentunya dikelola oleh Dinas Perhubungan dan Pihak Kepolisian.

Sedangkan Kebijakan pembatasan kendaraan untuk dapat mengurai kemacetan di Jakarta saat ini belum bisa dilakukan Pemprov DKI. Sebab Pemprov DKI Jakarta akan memperbaiki angkutan massal terlebih dahulu. Selain penambahan armada bus Transjakarta juga ada pengadaan 1.000 bus sedang.

Kebijakan pembatasan kendaraan ini dijalankan setelah armada bus Transjakarta ditambah. Hal ini sebagai bagian dari proses masa transisi sebelum mass rapid transit (MRT) dan monorail jadi.

Pada bulan November 2013 telah didatangkan sebanyak 600 bus Transjakarta gandeng. Selain itu, 1.000 bus juga didatangkan untuk menunjang angkutan massal di Jakarta. Serta penambahan jalur busway sebagai langkah persiapan.

How-ERPDirencanakan bahwa teknologi yang digunakan untuk proyek ERP di Jakarta ini adalah sistem terbaru, yang dibangun oleh Kapsch Trafficcom AB (Swedia). Terdapat dua sistem pilihan yang dapat digunakan, GPS (Global Positioning System) dan DSRC (Dedicated Short-Range Communication), Alat ini bisa digunakan tidak hanya di mobil tapi juga di motor.

Program ERP (Electronic Road Pricing) merupakan program yang direncanakan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dalam upaya mengurai kemacetan. Sistem ini mengenakan biaya secara langsung terhadap pengguna jalan yang melewati ruas jalan tertentu, yang saat ini masih dalam pembahasan yang rencananya akan di implementasikan di Blok M, Taman Menteng, Tanah Abang, Casablanca dan Kota Tua. Sistem ERP ini diyakini bisa berjalan dengan baik, ujicoba dilakukan di jalan antara Blok M hingga Kota Tua.

Jika peralatan ERP sudah siap, kebijakan ganjil genap batal dilaksanakan dan langsung menerapkan jalan berbayar di tengah kota. Pemprov DKI telah berkoordinasi dengan Bank Indonesia serta bank-bank lainnya, seperti bank-bank yang bekerja sama untuk pelayanane-ticketingtransjakarta.

Sistem pembayaran ERP akan menggunakan satelit,on board unit(OBU) dengan memotong uang yang ada di bank. Sistem ERP dengan OBU ini, hal ini dapat dibayangkan menyerupai penggunaan kartu kredit. Pemilik mobil nantinya akan menerima tagihan dari sensor yang memantau OBU di dalam kendaraan.

Teknologi yang ditawarkan oleh Pemerintah Swedia adalah OBU ERP yang lebih kecil. Penerapan ERP itu juga telah dimasukkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI 2012-2017. Diharapkan, penerapan ERP dapat mengurangi volume kendaraan pribadi di Ibu Kota.

Pemprov DKI Jakarta kini sedang mencari alternatif jalan keluar untuk mengurangi beban kendaraan pribadi di jantung Kota Jakarta, seperti Kuningan dan Blok M.

ERP-Singapore 
 Gbr. ERP di Singapura
Sumber: Detikcom - Tribunnews - Beritajakarta - Kompas.com

Pesan

maeru.co

Kunjungi profil maeru.co di Pinterest.

e-Procurement

 

 

Head Office

TRC Semarang

 

 

 

 

Tritama Rent Car Semarang

Tempat sewa mobil di Jl.Kedungmundu Raya No. 18A Semarang 50248 Telp. 024-76740128. Fax. 024-6730681 Ponsel 08112726625/ 08112726626. Email t...@tritamanusantara.com

Branch Office

 

TRC Yogyakarta

 

 

 

 

Tritama Rent Car Perwakilan Yogyakarta

Gg. Kunti RT. 6 RW. 16 Mancasan Kidul - Condongcatur - Depok - Sleman - Yogyakarta 55281 (Belakang Polsek Depok Timur - Ring Road Utara) Telp./ Fax. 0274-4477688 Ponsel 08112726623 Email: t...@tritamanusantara.com

Read more

Branch Office II

Tritama Rent Car Perwakilan Surabaya

Kahuripan Nirwana Blok A No. 33, Rt. 4/ Rw. 10, Jati - Sidoarjo 61226 Telp./ Fax. 031-99702342 Ponsel 0811299864/ 08112726625 Email t...@tritamanusantara.com

Read more